Sunday 25 October 2020

Neraca Analitic - Equipment atau alat Timbangan untuk takaran emulsi film sablon dan sensitizer di Ridho Sablon Kaos


Neraca Analitic, akurasi 0,01 gram,
Atau bisa dibilang timbangan digital emas karena bentuknya yang kecil.
Maksimal berat ini pun hanya 500 gram atau setengah kilo, pada umunya ini digunakan untuk mencampur bahan kimia yang takarannya harus tepat hingga 0,01 gram, biasa banyak digunakan di apotek untuk takaran obat. Atau bahkan untuk takaran biji kopi.

Didunia sablon atau screen printing sendiri sih biasa digunakan untuk takaran emulsi film sablon berikut sensitizernya agar perbandingan berat masing masing bahan kimia tersebut sesuai dengan takaran yang dibutuhkan, atau bisa juga untuk mencampur (mixing) warna tinta pantone yang sudah ditentukan dari software produsen si tinta tersebut.

Biasa nya yang pada umumnya perbandingan emulsi beserta sensitizernya atau nama lainnya adalah kalium yaitu 10:1.
Misalnya kita hanya membutuhkan emulsinya 100 gram, maka campuran sensitizernya 10 gram,
Oleh karena itu kita membutuhkan neraca analitic ini untuk perbandingan tersebut.

Tapi sebenarnya banyak yang melakukan perbandingannya secara manual tanpa neraca tersebut, misal 10 sendok makan untuk emulsinya, 1 sendok makan untuk sensitizernya, atau bahkan hanya melihat dari kadar kekentalannya, kalo masih kental dari yang biasanya mereka campur, maka ditambah lagi sensitizernya tuk mendapatkan kekentalan yang seharusnya mereka inginkan. Bahkan ada yang melihatnya secara warna, yaitu mengingat warna emulsi yang biasa mereka campur, entah kurang gelap atau terlalu terang, atau kurang pas warnanya, karena emulsi dan sensitizer yang dicampur memang menghasilkan warna yang berbeda pada saat belum tercampur.

Ridho Sablon Kaos yang beralamat di Depok ini, untuk mencampur emulsi film sablon dulu juga masih manual, tapi seiring berjalannya waktu, kami butuh takaran yang pas dan stabil agar coating film sablon selalu pas sesuai yang dibutuhkan, oleh karena itu kami menggunakan neraca analitic ini.

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan comment atau ada yang ingin ditanyakan, kami akan mencoba untuk membalasnya,
Terimakasih...